Setengah peserta IOX Seulawah 5 gagal finis tepat waktu

Sedang Trending 8 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta (ANTARA) - Setengah peserta Indonesia Offroad Exhibition (IOX) Seulawah 5 kandas menyelesaikan balapan off road nan mestinya finis di Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh.

Para peserta itu semestinya finis pada Minggu (7/9), namun lantaran trek nan berat, maka panitia IOX mengizinkan para peserta keluar trek dan mengambil jalan pintas.

Meski demikian, Ketua IOX chapter Aceh Musni Haffas berterima kasih arena itu dapat berjalan dengan standar IOX dan tanpa kecelakaan sama sekali setelah sempat terhenti selama beberapa tahun.

Dalam keterangan tertulis nan diterima pewarta, Musni juga berterima kasih lantaran seluruh peserta merasa puas dengan sajian trek nan ditawarkan oleh panitia penyelenggara.

Tercatat, terdapat enam kendaraan nan mengalami kerusakan berat seperti patah as, radiator bocor, dan sekitar sepuluh kendaraan rusak sedang seperti mengalami winch jebol.

Kerusakan-kerusakan itu selain akibat medan nan berat meski kering, tanjakan panjang dan tajam, juga trek tanah gembur lumpur hitam nan susah dilalui.

Kondisi trek sempit, di lereng gunung terjal ditambah dengan kendaraan rusak nan menghalangi jalan membikin perjalanan menjadi semakin susah dilalui.

Gagalnya para peserta untuk finis di arena tersebut bukan perihal baru, lantaran standar berat nan diterapkan IOX. Terlebih bagi para peserta nan baru pertama kali mengikuti arena buatan IOX.

Sehari sebelum start, tercatat terdapat 63 unit kendaraan peserta IOX 2023 Seulawah 5 nan lulus pemeriksaan kendaraan dan perlengkapannya (scruut), untuk kemudian diizinkan start di Lapangan Blang Padang pada 7 September.

Dari 63 kendaraan tersebut, terdapat sepuluh kendaraan nan tidak lolos scruut dan kudu memperbaikinya terlebih dahulu.

Mayoritas peserta berasal dari Aceh, sedangkan sisanya berasal dari provinsi lain di Sumatera. Perwakilan daerah lain seperti Bukti Tinggi dengan enam peserta, Jambi tiga peserta, Tanah Karo tiga peserta, Medan enam peserta, Mandailing Natal tiga peserta, dan Jawa Barat satu peserta.

Ajang ini sekaligus menjadi seleksi untuk calon peserta baru arena utama IOX nan bakal diselenggarakan IOC pusat pada 2024. Pada arena utama tersebut, para calon peserta baru diwajibkan lulus seleksi pre-event di tingkat IOC chapter.

Saat ini tercatat 30 peserta event nan mendaftar untuk jalur seleksi main event IOX 2024.

Baca juga: Usai susur medan off-road peserta IOX 2023 PALA regrouping di Baturaja
Baca juga: Para peserta Indonesia Offroad Expedition 2023 sukses finis di Lampung

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Atas